Senin, 27 Mei 2013

Kekuasaan dan politik


Kekuasaan adalah kemampuan seseorang untuk mempengaruh dan mendorong orang lain untuk Megikuti kehedak dari kemampuan orang tersebut.sedangkan politik adalah 
Kemampuan orang untuk menjatuhkan orang lain dengan apapun itu caranya agar orang tersebut dapat mencapai tujuan yang di buat dan sebelumnya sudah diterapkan.Ketergantungan merupakan faktor utama yang mempengaruhi suatu kekuasaan.

Kekuasaan dapat di bedakan dalam beberapa jenis :

o   Kekuasaan formal : didasarkan pada posisi individu dalam organisasi

o   Kekuasaan paksaan : didasarkan pada rasa takut.
o   Kekuasaan hadiah : adanya pemberian hadiah atas hasil suatu pekerjaan atau prestasi.
o   Kekuasaan hukum : lebih luas daripada kekuasaan paksaan dan imbalan karena dapat mengendalikan sumber daya organisasi.
o   Kekuasaan informasi : berasal dari akses dan pengendalian atas informasi.
o   Kekuasaan kharismatik : merupakan perluasan dari kekuasaan rujukan yang berasal dari kepribadian dan gaya interpersonal.
o   Kekuasaan pakar : didasarkan pada keahlian atau keterampilan istimewa, dan pengetahuan.

Politik “kekuasaan yang dalam bentuk tindakan”


terdapat beberapa taktik politik antara lain : 

o   Mengalahkan orang lain : suatu masalah yang di buat dengan sengaja oleh orang    tertentu dengan tujuan menjatuhkan orang lain agar di salahkan.

o   Lepas tangan : pekerjaan yang seharunya seorang kerjakan namun yang tersebut mengabaikan pekrjaan tersebut dengan cara menyuruh bawahan atau junior untuk mengerjakan atau melanjutkan pekerjaan orang tersebut.
o   Bermanis manis : memasang muka manis atau bersikap baik kepada atasan dengan tujuan agar cepat naik pangkat atau naik kelas.
o   Meninggalkan tanggung jawab : sama sepertinya dengan “lepas tangan” meningalkan tanggung jawab juga merupakan perbuatan yang sengaja di buat.
o   Menutup diri : cara ini dilakukan agar kehiduan pribadi tidak dapat diketahui oleh orang lain atau rekan kerja yang lainnya.
o   Menciptakan konflik : membuat masalah dengan sengaja agar dapat menjatuhkan orang lain dengan masalah atau konflik yang di  buat orang orang lain yang melihat dia menciptkan konflik adalah pahlawan dari masalah tersebut dengan cara dia yang menciptakan dia yang menyelesaikan “agar dia di pandang hebat”
o   Membentuk koalisi : kerjasama dengan rekan  kerja agar mendapat simpati yang baik pula.

Hal hal yang dapat dilakukan untuk mempermudah masuk dalam organisasi atau kelompok antara lainya :
o   Kecocokan 
o   Dalih 
o   Perminta maaf 
o   Promosi diri : saat-saat seseorang mencoba memperlihatkan kualitas baik sehingga orang lain akan menyukainya.
o   Bujukan 
o   Kemurahan : ecara agresif menunjukkan kemarahan agar orang lain mendengar dan menaati orang tersebut.
o   Assosiasi 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar